Setelah Surut 3 Meter

Air Danau Buyan-Tamblingan Menurun 3 Meter
Pancasari, Kondisi air di Danau Buyan dan Danau Tamblingan dalam setahun terakhir mengalami penurunan. Disamping adanya pendangkalan, tercatat dalam setiap bulan, berkurangnya air di kedua danau itu mencapai tiga meter.

“Dari sisi penurunan ini terjadi fluktuasi, waktu musim hujan ada peningkatan, namun dalam waktu tiga hari sudah kembali menurun, nah ini berdasarkan analisa hasil kajian dan penelitian dari Pusat Penelitian Lingklungan Hidup UNUD masih relevan,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pertamanan dan Kebersihan (DLHKP) Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suarjana, Minggu (16/3) di kediamannya.

Menurunnya kapasitas air di Danau Buyan dan Danau Tamblingan juga disebabkan kecilnya sejumlah sumber mata air di kedua danau tersebut akibat pengerusakan sejumlah lingkungan hutan.

”Sumber mata air di kedua danau tersebut sudah mengecil dan curah hujan menurun,” ujar Suarjana.

Mengantisipasi menurunnya debit air di Danau Buyan dan Danau Tamblingan, Pemerintah Kabupaten Buleleng telah mengambil langkah-langkah secara strategis melalui program penghijauan maupun melakukan pengawasan terhadap perusakan lingkungan hutan di kedua danau tersebut. (sas)

sumber berita bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s